CONSERVATION OF TRADITIONAL SETTLEMENT PATTERN IN 3-4 ULU SUB-DISTRICT PALEMBANG CITY

Authors

  • Wara Indira Rukmi Brawijaya University
  • Nyimas Atika Marwiyah Muthmainah Brawijaya University
  • Chairul Maulidi Brawijaya University

:

https://doi.org/10.9744/dimensi.46.2.93-102

Keywords:

Traditional Settlements, Settlemen Patterns, Conservation

Abstract

Pemukiman tradisional di Ulu 3-4Kecamatan ini terletak di pinggiran Sungai Musi, Kota Palembang. Ada masalah di permukiman tradisional termasuk bangunan baru yang saat ini menutupi bangunan tradisional dan tidak menyesuaikan bentuk bangunan lama serta sosial-budaya dan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik fisik dan non-fisik sebagai input dalam analisis deskriptif yang akan menghasilkan jenis pola pemukiman dan selanjutnya menentukan strategi konservasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Analisis deskriptif menggambarkan kondisi daerah termasuk sejarah perkembangan permukiman, kegiatan sosial ekonomi dan budaya kekerasan keluarga, bangunan fisik dan Nilai Universal Yang Luar Biasa. Berdasarkan hasil penelitian,Kecamatan Ulu . Pada setiap jenis pola pemukiman akan dilakukan strategi konservasi termasuk pelestarian, konservasi, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wara Indira Rukmi, Brawijaya University

Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Brawijaya

References

Asikin, D., Antariksa, Wulandari, D. I. & Rukmi, W. I. (2017). Spatial adaptation as the Madurese migrant resilience form at urban informal sector workers settlement: a case study of Kotalama settlement – Malang. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science.

Cesain B. T. & Ginting, C. (2015). Persepsi Masyarakat terhadap Permukiman Bantaran Sungai. Temu Ilmiah IPLBI.

Handayani, D. U. N., Soelistijadi R. & Sunardi. (2005). Pemanfaatan Analisis Spasial untuk Pengolahan Data Spasial Sistem Informasi Geografi. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol. X No. 2.

Lussetyowati, T. (2012). Peninggalan Arsitektur di Tepian Sungai Musi. Palembang: Sriwijaya University.

Maulidi C. &Wulandari L.D. (2017). Changing cultural landscape in post-productivism of rice field in Nyuh Kuning Village Bali. 3rd International Conference of Planning in the Era of Uncertainty. Malang: University of Brawijaya.

Permatasari, I., Antariksa & Rukmi, W. I. (2008). Permukiman Perdesaan di Desa Trowulan Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Arsitektur e-journal, Vol. I No. 2.

Sasongko, I. 2005. Harmonisasi Tata Ruang Permukiman Melalui Mitos (Studi Kasus: Permukiman Sasak Desa Puyung). Jurnal Plannit, Vol. 3 No.2.

Sasongko, I. 2005). Struktur Ruang Permukiman Karangsalah dan Segenter di Desa Bayan. Jurnal Dimensi Teknik Arsitektur. 20 (1):16-25.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Rukmi, W. I., Muthmainah, N. A. M., & Maulidi, C. (2020). CONSERVATION OF TRADITIONAL SETTLEMENT PATTERN IN 3-4 ULU SUB-DISTRICT PALEMBANG CITY. Dimensi: Journal of Architecture and Built Environment, 46(2), 93-102. https://doi.org/10.9744/dimensi.46.2.93-102