PERLUNYA PENGETAHUAN TEKTONIKA PADA PENGAJARAN STRUKTUR DI ARSITEKTUR

Authors

  • Anik Juniwati Faculty of Civil Engineering and Planning, Petra Christian University
  • Wanda Widigdo C. Faculty of Civil Engineering and Planning, Petra Christian University

:

https://doi.org/10.9744/dimensi.31.2.%25p

Keywords:

Tectonica, structure, teaching

Abstract

This paper, tried to suggest that learning tectonica in building structure teaching is very important, because architectural students are mostly could not integrate their building structure knowlegde on their design project. With mastering tektonica in building structure they can improve their building design by express various construction forms. Tectonica is pointed to the aesthetica from a technology, form expression from building structure and construction. Abstract in Bahasa Indonesia : Tulisan ini bermaksud untuk mengangkat perlunya pengetahuan dan belajar tektonika pada pengajaran struktur di arsitektur dengan memaparkan pengertian dan pentingnya tektonika dalam arsitektur serta metoda penyampaianya dalam pengajaran struktur.. Hal ini terjadi karena mahasiswa sering terjebak pada ketidak mampuan penerapan pengetahuan struktur pada merancang arsitektur secara menyatu. Sehingga rancangan struktur bangunan yang terjadi pada desain sangat kacau dan tidak dapat menambah esthetika dari rancangan arsitektural.Semestinya tidak perlu terjadi karena dengan pemahaman dan penguasaan sistem struktur dan atau metode konstruksi dapat memberikan banyak ragam ekspresi bentuk dapat meningkatkan kualitas arsitektural yaitu melalui tektonika. Terminologi tektonika lebih mengarah pada estetika yang timbul dari suatu teknologi, yaitu ekspresi dari bentuk yang dihasilkan oleh sebuah stuktur dan konstruksi. Kata kunci: Tektonika, struktur, pengajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2005-04-26

How to Cite

Juniwati, A., & Widigdo C., W. (2005). PERLUNYA PENGETAHUAN TEKTONIKA PADA PENGAJARAN STRUKTUR DI ARSITEKTUR. Dimensi: Journal of Architecture and Built Environment, 31(2). https://doi.org/10.9744/dimensi.31.2.%p